Survey Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu unsur sistem manajemen mutu berbasis PDCA, yang termasuk dalam unsur Check berfungsi untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap proses bisnis yang telah dilaksanakan, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan Act atau tindakan perbaikan dan pencegahan.
Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan di Perpustakaan Batara Ilmu SMAN 1 Cigombong, dilakukan secara online pada tautan https://www.batarailmu.my.id/survey-kepuasan-pelanggan yang diisi oleh pemustaka. Dari hasil survey diperoleh hasil sebagai berikut :
  • Kunjungan Pemustaka : 97% pernah berkunjung dan 3% belum pernah berkunjung
  • Pemanfaatan Layanan Digital oleh pemustaka : 74% pernah menggunakan dan 26% belum pernah menggunakan
  • Kerjasama Pemustaka dengan Perpustakaan : 51% pernah kerjasama dan 49% belum pernah kerjasama
  • Tingkat kepuasan pemustaka yang pernah berkunjung ke perpustakaan : 55% Sangat Puas, 34% Puas dan 11% Cukup Puas
  • Tingkat kepuasan pemustaka yang pernah memanfaatkan layanan digital perpustakaan : 39% Sangat Puas, 24% Puas, 24% Cukup Puas, 10% Kurang Puas dan 3% Sangat Kurang Puas
  • Tingkat kepuasan pemustaka yang pernah bekerjasama dengan perpustakaan : 44% Sangat Puas, 26% Puas, 24% Cukup Puas dan 6% Kurang Puas
  • Harapan Pemustaka terhadap perpustakaan untuk menunjang pengembangan diri pemustaka : 39% Peningkatan Kapasitas SDM, 43% Peningkatan Koleksi Buku, 18% Peningkatan Fasilitas Lainnya
  • Harapan Pemustaka terhadap peningkatan layanan perpustakaan : 10% SDM, 15% Penggunaan TIK, 24% Fasilitas Gedung dan Perlengkapannya, 25% Penambahan Koleksi Perpustakaan, 14% Kemudahan Mengakses, 6% Penambahan Jam Layanan, 6% Lainnya
  • Usulan dan Masukan dari Pemustaka : 39% Penambahan Koleksi, 3% Penambahan Jam Layanan, 19% Peningkatan Sarpras, 13% Kenyamanan Ruangan, 10% Petugas Perpustakaan Harus Standby, 16% Layanan Digital
  

INFO GRAFIS
SURVEY KEPUASAN PELANGGAN

Berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan diatas, diperoleh hasil tingkat kepuasan pelanggan sebagai berikut :

  • Tingkat kepuasan pelanggan terhadap kunjungan perpustakaan sebesar 88,95% pada kategori Sangat Puas
  • Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan digital perpustakaan sebesar 77,56% pada kategori Puas
  • Tingkat kepuasan pelanggan terhadap kerjasama dengan perpustakaan sebesar 81,75% pada kategori Sangat Puas
  • Secara umum Tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja perpustakaan sebesar 82,76% pada kategori Sangat Puas